AKREDITASI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

UPPS

NONO. ButirDokumen /Keterangan
1* Fotokopi SK pendirian Fakultas/Sekolah Tinggi
21.2* Dokumen Renstra dan Renop Fakultas/Sekolah Tinggi
* SK pembentukan tim akreditasi
* Dokumen mekanisme penyusunan VMTS (daftar hadir, notulen rapat, keterlibatan para pemangku kepentingan, dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni dan masyarakat)
* Instrumen dan hasil survey pemahaman VMTS
* SK penetapan VMTS
32.1* Dokumen SOP yang terkait tata pamong
* Dokumen pemilihan pimpinan PS dan UPPS
* Dokumen tentang etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi, serta pedoman dan prosedur layanan
* Dokumen struktur organisasi, uraian tugas dan tanggung jawab
* Instrumen penilaian kinerja dosen dan tenaga kependidikan
42.2* Dokumen pendukung kegiatan kerjasama dalam negeri dan luar negeri dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan kelembagaan.
* Dokumen MoU dan MoA kerjasama dalam dan luar negeri
* Dokumen bukti pelaksanaan kerjasama
52.3* Dokumen tentang sistem penjaminan mutu di tingkat Fakultas/Sekolah Tinggi
* Dokumen hasil audit mutu internal
* Dokumen monev hasil penjaminan mutu
* Dokumen bukti tindak lanjut temuan
63.1* Dokumen sistem penerimaan/seleksi mahasiswa baru meliputi (1. Kebijakan penerimaan mahasiswa baru, 2. Kriteria penerimaan mahasiswa baru, 3. Instrumen penerimaam mahasiswa baru, 4. Sistem pengambilan keputusan)
* Dokumen upaya peningkatan animo calon mahasiswa dalam negeri dan luar negeri
* Dokumen data mahasiswa reguler 5 tahun terakhir
* Daftar lulusan dalam 5 tahun terakhir termasuk IPK lulusan.
73.2* Dokumen data program layanan dan pembinaan mahasiswa
* Dokumen laporan pelayanan kepada mahasiswa, antara lain: (1. Minat dan bakat, 2. Bimbingan konseling, 3. Pembinaan softskill, 4. Keprofesian, 5. Beasiswa, 6. Kesehatan)
* Dokumen kebijakan dan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja untuk mahasiswa dan lulusan
* Laporan pelaksanaan kebijakan dan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja untuk mahasiswa dan lulusan
* Dokumen kegiatan pelacakan lulusan (tracer study)
84.1, 4.2* Dokumen sistem pengelolaan sumber daya manusia
* Pedoman tertulis tentang rekrutmen, penempatan, pengembangan, retensi, dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan
* Dokumen sistem monitoring dan evaluasi serta rekam jejak kinerja dosen dan tenaga kependidikan
* Dokumen hasil monitoring dan evaluasi dosen dan tenaga kependidikan
* Dokumen pengembangan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan
94.3* Instrumen pengukuran kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap manajemen SDM
* Dokumen pelaksanaan pengukuran kepuasan dosen dan tenaga kependidikan
* Dokumen tindak lanjut hasil pengukuran kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap manajemen SDM.  
105.1* Dokumen kebijakan tertulis yang mengatur pemerolehan, pengelolaan dan penggunaan dana
* Dokumen monitoring dan evaluasi keuangan
* Laporan audit keuangan
115.2* Dokumen pengelolaan prasarana dan sarana
* Daftar prasarana dan sarana pembelajaran
* Dokumen pemilikan tanah

Program Studi

NONO. ButirDokumen/Keterangan
12* SK ijin operasional PS
* SK dan sertifikat akreditasi PS sebelumnya
131.1* Dokumen renstra dan renop PS
* SK tim akreditasi/taskforce
* Dokumen mekanisme penyusunan visi keilmuan dan tujuan PS (daftar hadir, notulen rapat, keterlibatan para pemangku kepentingan, dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni dan masyarakat)
* Dokumen penyusunan visi keilmuan dan keselarasan dengan visi kelembagaan UPPS dan PT
* Instrumen, pelaksanaan dan hasil survei visi keilmuan dan tujuan PS
* Dokumen strategi pencapaian visi keilmuan dan tujuan PS
* SK penetapan visi keilmuan PS
142.1* Dokumen mekanisme pemilihan pimpinan PS dan UPPS
* Dokumen tentang etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi, serta pedoman dan prosedur layanan.
* Dokumen sistem tata pamong
* Dokumen struktur organisasi, uraian tugas dan tanggung jawab (job description)
* Instrumen penilaian kinerja dosen dan tenaga kependidikan
* Dokumen renstra dan renop PS
* Dokumen SOP
152.3* Dokumen tentang jaminan mutu, struktur organisasi, uraian tugas dan tanggung jawab, dan dokumen mutu
* Dokumen hasil audit mutu internal
* Dokumen monev hasil penjaminan mutu
* Dokumen bukti tindak lanjut temuan
* Dokumen terlaksananya siklus PPEPP dan pelaksanaan penjaminan mutu.
163.1* Dokumen sistem penerimaan/seleksi mahasiswa baru meliputi: (1. Kebijakan penerimaan mahasiswa baru, 2. Kriteria penerimaan mahasiswa baru, 3. Instrumen penerimaam mahasiswa baru, 4. Sistem pengambilan keputusan)
* Dokumen upaya peningkatan animo calon mahasiswa dalam negeri dan luar negeri
* Dokumen data mahasiswa reguler 5 tahun terakhir
* Daftar lulusan dalam 5 tahun terakhir termasuk IPK lulusan
* Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan penerimaan mahasiswa baru.
173.2* Dokumen data program layanan dan pembinaan mahasiswa
* Dokumen laporan pelayanan kepada mahasiswa, antara lain: (Minat dan bakat, Bimbingan konseling, Pembinaan softskill, Keprofesian, Beasiswa, Kesehatan)
* Dokumen kebijakan dan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja untuk mahasiswa dan lulusan
* Laporan pelaksanaan kebijakan dan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja untuk mahasiswa dan lulusan

* Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan program layanan dan pembinaan mahasiswa.
184.1, 4.2* Pedoman tertulis tentang rekrutmen, penempatan, pengembangan, retensi, dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan
* Dokumen sistem monitoring dan evaluasi serta rekam jejak kinerja dosen dan tenaga kependidikan
* Dokumen hasil monitoring dan evaluasi dosen dan tenaga kependidikan
* Data dosen homebase, DTPS dan tenaga kependidikan
* Dokumen sertifikat pendidikan, ijazah pendidikan terakhir, dan jabatan fungsional dosen dan tenaga kependidikan
* Data beban kerja dosen tetap pada tahun akademik terakhir (TS)
* Data kegiatan mengajar dosen tetap pada semester gasal dan genap pada TS
* Data jumlah bimbingan tugas akhir, skripsi, tesis dan disertasi dosen dalam 3 tahun terakhir
* Data prestasi/rekognisi DTPS baik ditingkat intenasional, nasional dan lokal dalam 3 tahun terakhir
* Dokumen bukti prestasi/rekognisi DTPS Data prestasi dan dokumen bukti prestasi tenaga kependidikan dalam 3 tahun terakhir
* Data pengembangan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan
* Dokumen bukti pengembangan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan.
195.1* Dokumen bukti keterlibatan PS dalam perencanaan anggaran dan pengelolaan dana
* Data penggunaan dana pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, publikasi, prasarana dan sarana pendidikan dalam 3 tahun terakhir
* Data rincian dana penelitian dalam 3 tahun terakhir
* Data rincian dana pengabdian kepada masyarakat (PkM) dalam 3 tahun terakhir
* Dokumen pengelolaan dana
* Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan dana dan administrasi umum
205.2* Daftar inventaris prasarana dan sarana pembelajaran baik di PS, UPPS dan PT
* Dokumen kondisi dan kualitas prasarana dan sarana
* Dokumen bukti penggunaan prasarana dan sarana
* Dokumen bukti aksesibilitas prasarana dan sarana dalam kegiatan perkuliahan, pembimbingan, ujian, seminar, lokakarya dan lain-lain
* Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan prasarana dan sarana.
216.1* Dokumen kebijakan pengembangan kurikulum
* Dokumen analis dan evaluasi pemutahiran kurikulum
* Bukti keterlibatan berbagai pihak (dosen, mahasiswa, alumni, stakeholder, asosiasi, kesepakatan prodi sejenis) dalam pengembangan kurikulum PS
* Dokumen kurikulum (profil lulusan, CPL, bidang kajian, daftar mata kuliah, dan perangkat pembelajaran)
* RPS mata kuliah
* Contoh soal ujian dalam satu tahun terakhir untuk lima mata kuliah keahlian berikut RPS
* Dokumen bukti dukungan UPPS dalam pengembangan kurikulum PS
* Dokumen bukti kurikulum mendukung kebijakan MBKM
* Dokumen evaluasi peningkatan kualitas kurikulum PS
* Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan kurikulum PS.
226.2* Dokumen pelaksanaan tridarma
* Dokumen tentang kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, dan otonomi keilmuan
* Dokumen sistem pengembangan suasana akademik
* Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan pembalajaran
* Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan penelitian dan PkM.
236.2.2* Data hasil penelitian dan PkM yang diintegrasikan dalam proses pembelajaran
* Dokumen bukti integrasi
246.2.3* Dokumen mekanisme monitoring perkuliahan (kehadiran dosen dan mahasiswa)
* Data dan bukti hasil monitoring perkuliahan
* Dokumen tindak lanjut h
asil monitoring perkuliahan dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran.
256.3* Dokumen panduan penilaian pembelajaran
* Dokumen pelaksanaan penilaian pembelajaran sesuai yang ditetapkan dalam kurikulum
* Dokumen sistem informasi dalam proses penilaian pembelajaran.
266.4* Dokumen tertulis terkait pembelajaran mikro dan teknis pelaksanaannya
* Bukti ketersediaan dan kelayakan prasarna dan sarana dalam pembelajaran mikro
* Instrumen penilaian pembelajaran mikro
* Dokumen bukti pelaksanaan pembelajaran mikro
* Data rekaman pembelajaran mikro
276.5.2.1* Dokumen bukti pembimbingan akademik, topik bimbingan, jumlah mahasiswa bimbingan dan frekuensi pertemuan
* Dokumen sistem informasi dalam proses pembimbingan akademik.
286.5.2.3* Dokumen bukti pembimbingan magang kependidikan, topik bimbingan, jumlah mahasiswa bimbingan dan frekuensi pertemuan.  
296.5.2.5* Dokumen panduan tugas akhir, skripsi, tesis dan disertasi
* Dokumen bukti pembimbingan tugas akhir/skripsi, tesis dan disertasi
* Data jumlah mahasiswa bimbingan dan frekuensi pertemuan dalam 3 tahun terakhir di semua PS
* Dokumen sistem informasi dalam proses pembimbingan tugas akhir, skripsi, tesis, dan disertasi.  
306.6.2.1* Dokumen kegiatan akademik diluar perkuliahan yang dilaksanakan PS dalam satu semester (genap/ganjil) pada TS
* Dokumen laporan pelaksanaan kegiatan
316.6.2.2* Dokumen kegiatan dosen tamu dan tenaga ahli yang dilaksanakan PS dalam satu semester (genap/ganjil) pada TS
* Dokumen laporan pelaksanaan kegiatan.
326.7* Instrumen survei kepuasan mahasiswa dalam kinerja mengajar, layanan administrasi akademik, dan prasarana dan sarana
* Dokumen pelaksanaan survei kepuasan mahasiswa
* Hasil survei kepuasan mahasiswa
* Dokumen tindak lanjut pengukuran kepuasan mahasiswa
337.1* Dokumen pedoman penelitian
* Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan penelitian
347.2.1* Hasil penelitian (rekapitulasi judul dan dokumen laporan penelitian) yang tertulis dalam LED.
357.2.2* Data penelitian yang melibatkan mahasiswa dalam 3 tahun terakhir
* Dokumen bukti keterlibatan mahasiswa disertai deskripsi kegiatan dalam penelitian.
368.1* Dokumen pedoman pengabdian kepada masyarakat
* Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan pengabdian kepada masyarakat.
37
8.2.1
* Hasil pengabdian kepada masyarakat (rekapitulasi judul dan dokumen laporan PkM) yang tertulis dalam LED.
388.2.2* Data PkM yang melibatkan mahasiswa dalam 3 tahun terakhir
* Dokumen bukti keterlibatan mahasiswa disertai deskripsi kegiatan dalam PkM.
399.1.2.1* Data lulusan dalam 3 tahun terakhir IPK lulusan (minimum, maksimum, dan rata-rata)
409.1.2.2* Data prestasi (juara 1, juara 2, juaran 3, harapan 1) mahasiswa dalam 3 tahun terakhir
* Dokumen bukti prestasi mahasiswa
419.1.2.3* Data mahasiswa yang diterima dan lulus sesuai yang tertulis pada LED.
* Dokumen bukti kelulusan dan keberhasilan studi
* Dokumen sistem informasi terkait kelulusan tepat waktu dan keberhasilan studi.
429.1.2.4* Dokumen tertulis pelacakan lulusan
* Instrumen pelacakan lulusan
* Data lulusan dan lulusan yang terlacak sesuai yang tertulis pada LED
* Dokumen bukti pelacakan lulusan dan hasilnya
* Dokumen sistem informasi dalam kegiatan pelacakan lulusan.
439.1.2.5* Data hasil pelacakan lulusan berdasarkan tingkat relevansi pekerjaan sesuai yang tertulis pada LED.  
449.1.2.6* Instrumen survei kepuasan pengguna lulusan
* Dokumen pelaksanaan dan hasil survei tingkat kepuasan pengguna lulusan
* Dokumen tindak lanjut yang dilakukan UPPS/PS sesuai jenis kemampuan dan tingkat kepuasan pengguna
* Dokumen sistem informasi dalam survei tingkat kepuasan pengguna lulusan.
459.2.2.1* Artikel ilmiah (rekapitulasi judul dan dokumen artikel/tautan) yang jumlahnya tertulis dalam LED.  
469.2.2.2* Dokumen sitasi publikasi ilmiah
479.2.2.3* Rekapitulasi produk atau jasa DTPS dan/atau mahasiswa yang diadopsi masyarakat
* Dokumen bukti adopsi
489.2.2.4* Rekapitulasi produk atau jasa DTPS dan/atau mahasiswa yang ber-HKI atau Paten
* Dokumen bukti adopsi yang sah (dikeluarkan oleh Menteri Hukum dan HAM atau pihak lain yang berwenang)  
49Dokumentasi Video/Live* Fasilitas laboratorium, ruang kelas, perpustakaan, pengelola sistem informasi, ruang dosen, ruang tenaga kependidikan, fasilitas umum, dan fasilias pendukung lainnya.
50