Kaprodi ASRUL FARUQ M.Pd I, S.Pd.I
VISI MISI
PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI (PIAUD)
INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG
VISI
Terwujudnya Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini dalam menghasilkan pendidik pada jenjang pendidikan Usia Dini yang berkualitas dan profsional tahun 2025
MISI
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang inovatif, dan berkarakter ke-Islaman, serta bermutu tinggi untuk memenuhi perkembangan kebutuhan Pendidikan usia dini yang berkualitas dan profesional;
- Mengembangkan penelitian yang inovatif dalam bidang Pendidikan usia dini yang berkualitas dan profesional;
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk pengembangan dan penerapan ilmu Pendidikan usia dini berbasis kearifan lokal;
- Menyelenggarakan dan memperluas jaringan kerjasama dan kemitraan dengan berbagai pihak yang terkait dengan jenjang Pendidikan usia dini;
- Menyelenggarakan administrasi pendidikan tinggi yang modern dan efisien, akuntabel, dan transparan;
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan model research based learning, problem based learning dan contextual teaching & learning dalam rangka quality assurance;
- Melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan keilmuan dan karya inovatif yang relevan dengan kebutuhan bidang pendidikan;
- Mengembangkan komitmen dan budaya akademik bagi para civitas akademika;
- Mengembangkan pengabdian, jejaring, dan kemitraan, dengan berbagailembaga pemerintah, satuan pendidikan, dan lembaga lainnya, baik nasional maupun internasional;
- Melaksanakan evaluasi berkelanjutan terhadap penyelenggaraan program studi dalam rangka menjawab kebutuhan stakeholders;
- Menyediakan pelayanan yang penuh tanggung jawab dalam rangka menjalankan tri dharma perguruan tinggi;
- Mengantarkan mahasiswa untuk memantapkan akidah, kedalaman spiritual, kemuliaan etika, kedalaman ilmu dan intelektual, kematangan profesional, ketulusan dedikasi, serta kemajuan inovasi dan prestasi;
- Mewujudkan keteladanan kehidupan masyarakat madani yang berlandaskan nilai-nilai Islam dan tetap menjunjung tinggi budaya luhur bangsa Indonesia, dan
- Menghasilkan lulusan sarjana pendidikan Islam, intektual profesional yang memiliki kualitas keimanan, ketaqwaan dan berakhlak mulia, memiliki kemampuan praktis dan akademis yang profesional serta dapat mengabdikan ilmunya untuk kepentingan bangsa dan negara dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang diridloi Allah SWT.
TUJUAN
- Mendidik dan menghasilkan tenaga guru yang memiliki kualifikasi akademik, kompetensi pedagogik, kepribadian dan sosial;
- Memberikan perhatian yang serius pada pengadaan/penyiapan tenaga pendidikan yang professional dan yang memiliki nilai tambah;
- Secara khusus berupaya mendidik dan melatih mahasiswa agar memiliki ciri-ciri menjadi sarjana yang berkemampuan tinggi dan berwawasan luas, menguasai bidang studi tertentu, sehingga mampu memanfaatkannya dalam lembaga pendidikan sekolah dan luar sekolah, serta lembaga lain yang terkait serta mampu mengaktualisasikan diri sebagai pribadi maupun sebagai anggota masyarakat;
- Memberikan kesempatan kepada warga negara untuk memperoleh pendidikan yang lebih tinggi;
- Berupaya mewujudkan suatu program studi yang bermutu, kompetitif di tingkat nasional maupun global;
- Menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif, dan profesional dalam bidang keguruan AUD yang memiliki:
a. Kemampuan mendidik anak, yaitu menguasai karakteristik siswa, menguasai teori belajar, mengembangkan kurikulum, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, menyelenggarakan evaluasi pembelajaran, dan melakukan tindakan ref ektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran AUD;
b. Kompetensi Kepribadian: Memiliki etos kerja yang produktif dan menjunjung tinggi kode etik profesi guru AUD;
c. Kompetensi Sosial: Bersikap inklusif, objektif, empatik, dan berkomunikasi secara efektif dalam melaksanakan tugas profesi keguruan pada jenjang AUD;
d. Kompetensi Profesional: Menguasai keilmuan, mengembangkan materi secara kreatif dan inovatif, serta mengembangkan keprofesionalan bidang pengajaran pada jenjang AUD.
KURIKULUM
PROGRAM STUDI PENIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI (PIAUD)
INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG
NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS |
I. MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN (MPK) | |||
1 | STT-101 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 |
2 | STT-102 | Ulumul Qur’an | 3 |
3 | STT-103 | Ulumul Hadits | 3 |
4 | STT-104 | Ilmu Sosial dan Budaya Dasar | 3 |
5 | STT-105 | Pengantar Filsafat | 2 |
II. MATA KULIAH KEILMUAN DAN KETRAMPILAN (MKK) | |||
1 | STT-206 | Baca Tulis Qur’an | 2 |
2 | STT-207 | Bahasa Arab Dasar | 2 |
3 | STT-208 | Bahasa Arab I | 2 |
4 | STT-209 | Bahasa Arab II | 2 |
5 | STT-210 | Bahasa Inggris Dasar | 2 |
6 | STT-211 | Bahasa Inggris I | 2 |
7 | STT-212 | Bahasa Inggris II | 2 |
8 | STT-213 | Bahasa Indonesia | 3 |
9 | STT-214 | Metodologi Studi Islam | 3 |
10 | STT-215 | Metodologi Penelitian | 3 |
11 | STT-217 | Statistik Pendidikan | 3 |
12 | STT-218 | Pengantar Agama Islam | 2 |
13 | TAR-201 | Sejarah Peradaban Islam | 2 |
14 | TAR 202 | Sejarah Pendidikan Islam | 2 |
15 | TAR-203 | Ushul Fiqh | 3 |
16 | TAR-204 | Fiqh | 3 |
17 | TAR-205 | Tafsir | 3 |
18 | TAR-206 | Hadits | 3 |
19 | TAR-207 | Psikologi | 2 |
20 | TAR-208 | Ilmu Tauhid | 2 |
21 | AUD-201 | Pengantar Pendidikan AUD | 2 |
22 | AUD-202 | Keterampilan AUD | 2 |
23 | AUD-203 | Kesehatan dan Gizi AUD | 2 |
24 | AUD-204 | Keterampilan Parenting | 2 |
25 | AUD-205 | Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus* | 2 |
26 | AUD-206 | Evaluasi Pembelajaran AUD | 2 |
27 | AUD-207 | Psikologi Perkembangan Anak | 2 |
28 | AUD-208 | Media Pembelajaran AUD | 2 |
III. MATA KULIAH KEAHLIAN BERKARYA (MKB) | |||
1 | TAR-309 | Ilmu Pendidikan Islam | 3 |
2 | TAR-310 | Filsafat Pendidikan Islam | 3 |
3 | AUD-309 | Metode Pembelajaran Membaca Al-Qur’an AUD | 2 |
4 | AUD-310 | Bermain dan Permainan AUD | 2 |
5 | AUD-311 | Problematika AUD | 2 |
6 | AUD-312 | Psikologi Pendidikan Anak | 2 |
7 | AUD-313 | Pengembangan Kurikulum AUD | 2 |
8 | AUD-314 | Perencanaan Pembelajaran AUD | 2 |
9 | AUD-315 | Manajemen Pendidikan AUD | 2 |
10 | AUD-316 | Bimbingan Konseling AUD* | 2 |
11 | AUD-317 | Pendidikan Karakter AUD | 2 |
12 | AUD-318 | Pendidikan Anak dalam Keluarga | 2 |
13 | AUD-319 | Pembelajaran Seni Musik AUD | 2 |
14 | AUD-320 | Pembelajaran Seni Tari AUD | 2 |
15 | AUD-321 | Pembelajaran Seni Rupa AUD | 2 |
16 | AUD-322 | Pembelajaran Bercerita AUD | 2 |
17 | AUD-323 | Pembelajaran Matematika dan Sains AUD | 2 |
18 | AUD-324 | Penelitian Tindakan Kelas AUD | 2 |
IV. MATA KULIAH PERILAKU BERKARYA (MPB) | |||
1 | TAR-412 | Ilmu Tasawuf* | 2 |
2 | TAR-413 | Micro Teaching | 3 |
3 | TAR-414 | PPL dan PKL | 4 |
4 | AUD-425 | Assesment AUD | 2 |
5 | AUD-426 | Pengembangan Sosio Emosional AUD | 2 |
6 | AUD-427 | Pengembangan Bahasa AUD | 2 |
7 | AUD-428 | Pengembangan Kreativitas Seni AUD | 2 |
8 | AUD-429 | Pengembangan Kognitif dan Afektif AUD | 3 |
9 | AUD-430 | Pengembangan Sensorik dan Motorik AUD | 3 |
V. MATA KULIAH BERKEHIDUPAN BERMASYARAKAT (MBB) | |||
1 | STT-519 | Kuliah Kerja Nyata | 4 |
2 | STT-520 | Skripsi | 6 |
3 | STT-521 | Kewirausahaan* | 2 |
Mata Kuliah Wajib | 142 | ||
Mata Kuliah Pilihan | 8 | ||
TOTAL | 150 |
KETERANGAN :
Hitam : MATA KULIAH WAJIB
Hijau : MATA KULIAH PILIHAN