AICIS: Kementrian Agama Undang Akademisi Dan Peneliti Lintas Negara

Dirjen Pendis Kemenag RI, Prof. Ali Ramdhani. Foto/Kemenag RI

Kementerian Agama Republik Indoesia mengundang para peneliti dan akademisi untuk ikut dalam acara AICIS merupakan wadah bertukar pikiran, berdialog, dan mendiseminasikan hasil riset para scholars PTKI (Perguruan Tinggi Agama Islam) beserta international scholars.

Agenda tahunan ini pertama kali diselenggarakan Kementerian Agama RI pada 2000. AICIS ke-23 akan berlangsung di Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, 1-4 Februari 2024.

Ajang tersebut akan mengangkat tema “Redefining The Roles of Religion in Addressing Human Crisis: Encountering Peace, Justice, and Human Rights Issues.”

Ketegangan sosial politik internasional, seperti perang antara Rusia-Ukraina, konflik Israel dan Palestina, serta berbagai ketegangan dan konflik di berbagai belahan bumi lainnya, secara konstan melahirkan berbagai tanggapan dengan sentimen keagamaan yang kuat.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mendefinisikan kembali peran agama, terutama Islam, dalam menghadapi tantangan kemanusiaan kontemporer di kawasan Asia Tenggara,” kata Ali Ramdhani.

Direktur Perguruan Tinggi Agama Islam Ahmad Zainul Hamdi mengatakan ada tujuh sub tema yang bisa diangkat para akademisi dan peneliti dalam makalah yang akan diajukan.

Ketujuh sub tema tersebut yakni pertama Agama, Nasionalisme, dan Kewarganegaraan di Asia Tenggara. Kedua, Dampak Isu dan Ketegangan Keagamaan Internasional terhadap Nasionalisme, Kewarganegaraan, dan Hak Asasi Manusia.

Ketiga, Krisis Kesetaraan, Keadilan, dan Kemanusiaan. Keempat, Ketegangan Agama dan Kemanusiaan Global. Kelima, Isu Gender, Spiritualitas, dan Minoritas, Keenam, Fiqh Siyasah tentang Perang dan Damai: Era Pasca Kolonial. Ketujuh, Kebijakan berbasis Maslahah Mursalah, Kesetaraan, dan Pemberdayaan.

“Makalah yang masuk akan direview oleh tim ahli pada 16-19 Januari 2024. Hasilnya diumumkan pada 25 Januari 2024 melalui aplikasi Pusaka Kemenag yang bisa diunduh di Playstore dan AppStore,” kata dia.

Menurutnya, makalah yang terpilih akan diundang untuk dipresentasikan pada AICIS 2024 yang berlangsung 1-4 Februari 2024.

Menurut dia, AICIS 2024 memiliki lima kegiatan utama, yaitu Plenary Session, Parallel Session, On Stage Discussion, 1st Southeast Asia Religious Leaders Summit, dan Declaration of Semarang Charter.

Selain itu, ada pula agenda lain, misalnya Islamic Culture and Civilization Expo, Islamic Higher Education Expo and Journal Clinique, Semarang Cultural Trip, Semarang Halal Food Festival, dan Penanaman Pohon Perdamaian.

Dikutip Dari  :ANTARA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *